Minggu, 02 Maret 2014

360 degree of relationship by Ps Jeffrey Rachmat

maz 1:1-3 "Berbahagialah orang yang tidak berjalan menurut nasihat orang fasik, yang tidak berdiri di jalan orang berdosa, dan yang tidak duduk dalam kumpulan pencemooh, tetapi yang kesukaannya ialah Taurat TUHAN, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam.
Ia seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air, yang menghasilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya; apa saja yang diperbuatnya berhasil"

seorang seringkali menemukan kegagalan karena mendengarkan nasihat yang keliru. Untuk berhasil, kita butuh 3 orang di 3 posisi ini

1. Duduk

Artinya Posisi belajar. Kita semua butuh berhubungan dengan seseorang yang ada diatas, mereka yang bisa menjadi contoh dan teladan. Kita butuh orang yang lebih berpengalaman, supaya kita bisa mendapat kritik dan masukan yang penting.

Dengan hubungan ini, kita jadi terhindar dari kesalahan yang sebelumnya sudah dilakukan orang tersebut.

Seringkali kita sudah belajar, mencari contoh, tapi tetap tidak mau dengar nasihat mereka. Bukan hubungan seperti itu yang kita butuhkan, kita perlu berhubungan dengan mereka yang omongannya kita ikuti. Mereka yang bisa bikin kita dengerin dan mengikuti nasihatnya, bukan hanya sekadar orang yang posisinya diatas.

Siapa orang yg perkataan dan nasihatnya kita ikuti? Dalam pelayanan, mengatur kesehatan, pendidikan, kita butuh orang yang ahli di masing-masing bidang. Karena tidak semua orang menguasai semuanya.

Hidupmu akan beruntung, jika kau punya mentor/ guru

ilustrasi : Ko Jeff mau belajar golf makanya dia ke guru golf dan ngedengerin perintah gurunya, sehingga dia bisa mukul bola golf.

Ingatlah, Pada saat kau punya akses dengan seorang mentor, jangan sia-siakan hal tersebut. Belajar sebanyak mungkin yang kau bisa.

ilustrasi : Ko Jeff yang ngefans berat sama AR Bernard trus ngikutin kemanapun supaya bisa belajar dan mengenal dirinya. Sekarang, keduanya menjadi teman akrab dan ko Jeff bisa mendapat lebih banyak lagi pembelajaran dari AR Bernard.

Ams 25:16-17 "Kalau engkau mendapat madu, makanlah secukupnya, jangan sampai engkau terlalu kenyang dengan itu, lalu memuntahkannya. Janganlah kerap kali datang ke rumah sesamamu, supaya jangan ia bosan, lalu membencimu"

Kalau sudah menemukan mentor, jangan mengambil semua yang diajarkannya. Tapi dengarkan, lakukan hal tersebut, dan jika ada yang salah/ ada yang tidak dimengerti, kembali lagi kepadanya.

1 Tes 5:12-13 "Kami minta kepadamu, saudara-saudara, supaya kamu menghormati mereka yang bekerja keras di antara kamu, yang memimpin kamu dalam Tuhan dan yang menegor kamu, dan supaya kamu sungguh-sungguh menjunjung mereka dalam kasih karena pekerjaan mereka. Hiduplah selalu dalam damai seorang dengan yang lain"

Jangan berlaku kurang ajar sama mentor namun belajarlah mengucapkan terimakasih.

"Gratitude balances any unequal equation in relationship" (Robb Thompson)

2. Berjalan

Artinya Bicara soal sahabat, siapa yang suka jalan bersama dengan anda. Mereka adalah seseorang yang memiliki level yang sama dengan anda. Dengan mereka, anda bisa belajar bersama, saling mengingatkan dan bersaing secara sehat.

Mereka tidak selalu ada, kadang posisi mereka berganti, namun ada juga sahabat yang selalu ada di setiap musimnya.

Ilustrasi : Ko jeff cerita saat pindah ke kantor baru, dan menemukan foto lama. Banyak orang yang sudah lama tidak ada lagi di JPCC. Namun saat ini, juga banyak orang baru yang menjadi sahabatnya.

Perbedaan antara posisi duduk dan berjalan: 

a. Jumlah sahabat yang kita miliki lebih banyak daripada mentor

b. a friend is someone who love you the way you are but mentor is someone who loves you too much to leave you the way you are.

c. Seorang teman merasa aman dengan masa lalu anda, namun seorang mentor tidak akan merasa aman sebelum anda menemukan masa depan anda.

Ams 27:17 "Besi menajamkan besi, orang menajamkan sesamanya"

Besi akan tajam kalo dia bersentuhan dengan besi. Siapa teman dekatmu, apa kamu jadi tumpul atau tajam karenanya?

Ams 27 : 5-6 "Lebih baik teguran yang nyata-nyata dari pada kasih yang tersembunyi. Seorang kawan memukul dengan maksud baik, tetapi seorang lawan mencium secara berlimpah-limpah"

3. Berdiri

Artinya Posisi dimana kita jadi teladan buat orang lain. Banyak orang tidak mau mengambil posisi ini karena mereka tidak mengerti pentingnya posisi ini.

Padahal kita tidak perlu menjadi sempurna, kita hanya melakukan yang terbaik, dan dengan pencapaian itu maka orang lain bisa belajar.

Yosua membutuhkan musa, Timotius membutuhkan Paulus, Elisa butuh Elia, ada orang-orang diluar sana yang butuh anda..

Posisi ini penting karena membuat kita belajar bertanggung jawab baik dalam perkataan dan perbuatan, karena kita dicontoh orang lain, kita dilihat orang. Berada di Posisi ini membuat kita jadi rendah hati, sabar, dan terus ingat apa perjalanan yang kita lalui untuk bisa sampai disini.

1 kor 11:1 "Jadilah pengikutku, sama seperti aku juga menjadi pengikut Kristus" atau dalam terjemahan NKJV "Imitate me, just as I also imitate Christ"

Siapa yang sering datang minta nasihat kita? siapa yang hidupnya terpengaruh sama kita?

2 Tes 3:7-9 "Sebab kamu sendiri tahu, bagaimana kamu harus mengikuti teladan kami, karena kami tidak lalai bekerja di antara kamu, dan tidak makan roti orang dengan percuma, tetapi kami berusaha dan berjerih payah siang malam, supaya jangan menjadi beban bagi siapapun di antara kamu. Bukan karena kami tidak berhak untuk itu, melainkan karena kami mau menjadikan diri kami teladan bagi kamu, supaya kamu ikuti"

Tiga posisi hubungan ini akan mampu 'unlock your destiny' atau membuka kunci ke masa depanmu. Kalo hubungan ini benar, maka kita bisa melihat campur tangan Tuhan dalam kehidupan kita.

Setiap orang berhak memiliki hubungan. Setiap hubungan yang kita miliki harusnya bisa mendekatkan kita pada rencana Tuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar