Minggu, 02 Maret 2014

GOD USE ALL THINGS By Ps Paul Scanlon

GOD CAN USE ALL THING - Paul Scanlon

roma 8:28 (authorized bible) "That’s why we can be so sure that every detail in our lives of love for God is worked into something good"

Ayat 31 "What shall we then say to these things? If God be for us, who can be against us?"

Ayat 35 "Who shall separate us from the love of Christ? shall tribulation, or distress, or persecution, or famine, or nakedness, or peril, or sword?"

every detail means all things artinya segala hal. Tuhan menggunakan segala sesuatu untuk memberkati kehidupan kita.

Ketika bicara 'all things', Paulus yang menuliskan ayat ini, hidupnya tidak mudah. Paulus bicara juga tentang penindasan, kesesakan, malam-malam dimana dia tidak bisa tidur, kelaparan dan kapal karam. Jadi dia tidak hanya bicara soal 'segala sesuatu yang mendatangkan kesenangan' semata tapi juga ketika hal buruk terjadi. Tuhan bisa menggunakan segala sesuatu dalam kehidupan kita untuk menjadi berkat. 

Tapi apa yang bikin Paulus kuat menghadapi segala cobaan yang ada, bagaimana dia bisa tetap bertahan. Ini adalah 3 hal yang Membuat Paulus tetap kuat :

1. Sovereign - Paulus tahu Tuhan nya Maha Kuasa
Kemaha kuasaan Tuhan tidak tergantung pada siapapun, atau apapun juga. Tuhan mengendalikan semua. Tuhan tidak tergantung dengan apapun karena kekuasaannya tidak terbatas.

2. omnition - Tuhan Maha Tahu
sulit dimengerti, tetapi mudah dirasa. Tuhan memiliki pengetahuan yang sempurna. Tuhan selalu mengetahui apa yang dia lakukan, tidak ada yang bikin dia terkejut dan tidak bisa menjawab. Kemaha Tahuan-Nya membuatnya tidak akan pernah kecewa pada kita. 

Kekecewaan adalah jarak antara harapan (sesuatu yang kita inginkan) dengan kenyataan yang terjadi. Karena Dia mengetahui semuanya, Dia tidak akan pernah dikecewakan.

3.Bad things happen to good people all the times
Satu hal yang harus dipahami oleh orang kristen bahwa menjadi kristen bukan berarti imunitas/ bebas terhadap masalah. Masalah akan selalu ada, itu artinya kita amsih hidupmdan bernafas. Masalah hilang ketika kita sudah mati.

Karena mengerti akan hal tersebut, maka Paulus tidak goyah imannya. Biasanya ketika masalah terjadi pada orang yang baik, kita selalu bertanya kenapa dan mengapa, trus kemudian mulai mencari-cari alasan sama seperti teman-teman Ayub.

Kita harus memahami bahwa Apa yang ada di benak Tuhan bukanlah kenapa atau mengapa terjadi, atau justru apa yang terjadi namun justru yang Tuhan pikirkan adalah apa yang terjadi setelahnya. Disaat ada masalah datang, selalu ada kasih, mujizat, penghiburan.

We need to understand that sometimes things doesnt work out, sometimes they do.

Dalam alkitab, tidak dikatakan Tuhan hanya membuat segala yang baik aja, tetapi Tuhan bilang 'all things" artinya semuanya digunakan untuk kepentingannya. Tidak ada yang sia-sia dalam kacamatanya Tuhan. Sayangnya kita cenderung tidak mengerti maksud baiknya Tuhan.

Hari ini Tuhan cuma mau katakan bahwa Dia gunakan 'everything you know or even you dont know to bless you' . Dia gunakan temen, musuh, bahkan semua hal yang tidak masuk akal, Tuhan juga akan gunakan masa kini, atau masa lalumu.. 

Tuhan will use anyone, anything, anytime.

God doesn't need people approval to use them, it is preferable kalo kita setuju tetapi Tuhan tetap bisa melakukannya tanpa persetujuan kita.

Don't tell that God can't help you until something is fix. Tuhan bisa membuat ikan besar menelan seorang nabi, Dia bisa bikin singa bersikap baik didepan Daniel dan teman-temannya.

ilustrasi : gagak mengantarkan daging ke Elia padahal gagak pemakan daging, ikan besar tidak makan Yunus, padahal dia juga makan daging. Tuhan bisa nyalakan api tapi tidak memake bahan bakar, semak belukar di musa yang tidak terbakar.

Kita harus belajar menerima hidup kita apa adanya. Kita harus percaya penuh pada Tuhan, dengan kemahakuasaan, kemahatauan-Nya, Dia bisa membawa berkat dalam apapun yang terjadi dalam kehidupan kita.

All your acception and your rejection semua bisa dipake sama Tuhan bahkan the triumph and tragedy bisa digunakan Tuhan.
ilustrasi : Tuhan itu seperti konduktor yang memimpin orkestra, Dia bisa gunakan alat apapun, dengan kondisi apapun untuk membuat musik yang indah.

Banyak orang yang bilang mau datang ke gereja jika hidup mereka sudah benar tapi tanpa kalian tahu, hidupmu yang berantakan pun bisa digunakan Tuhan.

Remember, God use all thing to bring you blessing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar