Minggu, 02 Maret 2014

RELATIONSHIP by Ps Jose Carol

RELATIONSHIP BY PS JOSE CAROL

Jarak/ kualitas hubungan antara kita dengan seseorang, yang akan menentukan pengaruh mereka dalam kehidupan kita.

Jose Carol kemudian mengajukan sejumlah pertanyaan berikut : "do u think you are good looking?" "kalau iya, darimana kamu tau?" Dari semua pertanyaan itu, kebanyakan dari mereka mengetahui kalo cakep/ cantik dari daftar berikut:

1. orangtua
2. teman
3. pasangan
4. tuhan
5. cermin

Relationship/ hubungan yang kita miliki itu seperti cermin yang memantulkan dan membentuk gambar diri kita. Itu sebabnya penting untuk memiliki hubungan dengan Tuhan, karena hubungan intim kita dengan Tuhan banyak mengambil alih hal yang tidak penting. Tapi tetap merupakan tanggung jawab kita untuk memilih dan menentukan siapa yang ada di sekitar kita.

Investasi terbesar bukanlah pada keuangan, namun investasi terbesar justru ada dalam hubungan kita.

Namun apakah yang diperlukan dalam sebuah hubungan yang akan membantu kita mendapatkan masa depan baik.

Relationship that unfolds destiny need to have this 3 thing:

1. Hubungan yang kita miliki harus bisa mencerminkan/ memunculkan potensi yang kita punya dalam diri kita.

Dari 8 anak Isai, Daud bukan anak kesayangan ayahnya. Hal tersebut terbukti pada waktu samuel diutus Tuhan mengurapi, Daud yang sedang ada di padang rumput bahkan tidak dipanggil bapaknya (Baca 1 Samuel 16:1-13)

Dari cerita Daud, Kita tidak bisa memilih orangtua kita, sehingga terkadang kita tidak memiliki cermin/ gambar diri yang baik. Bayangkan jika saat itu Daud tidak dekat dengan Tuhan, pasti dia sudah terpuruk dan tidak jadi raja.

Tuhan yang mampu pulihkan semua hubungan, masalahnya berapa banyak waktu yang kita investasikan untuk bergaul dengan Tuhan?

Kita harus pintar dan bijak menentukan mana hubungan yang layak diteruskan atau tidak.

Ester 2:5-7 "Pada waktu itu ada di dalam benteng Susan seorang Yahudi, yang bernama Mordekhai bin Yair bin Simei bin Kish, seorang Benyamin yang diangkut dari Yerusalem sebagai salah seorang buangan yang turut dengan Yekhonya, raja Yehuda, ketika ia diangkut ke dalam pembuangan oleh raja Nebukadnezar, raja Babel. Mordekhai itu pengasuh Hadasa, yakni Ester, anak saudara ayahnya, sebab anak itu tidak beribu bapa lagi; gadis itu elok perawakannya dan cantik parasnya. Ketika ibu bapanya mati, ia diangkat sebagai anak oleh Mordekhai"

Ester tidak hanya cantik dan elok diluar, tapi juga didalamnya. Apa yang ada didalam lebih memancar kekuatannya daripada semua yang ada di luar.

2. Hubungan itu harus bisa membuat kita menjadi pribadi yang lebih baik, dan semakin dekat dengan tujuanmu/ panggilan Tuhan.

Singkat cerita, Ester yang dibesarkan oleh Mordekhai, dipilih dari semua perempuan-perempuan yang ada disana untuk menjadi ratu.

Ester 2 : 21-23 "Pada waktu itu, ketika Mordekhai duduk di pintu gerbang istana raja, sakit hatilah Bigtan dan Teresh, dua orang sida-sida raja yang termasuk golongan penjaga pintu, lalu berikhtiarlah mereka untuk membunuh raja Ahasyweros. Tetapi perkara itu dapat diketahui oleh Mordekhai, lalu diberitahukannyalah kepada Ester, sang ratu, dan Ester mempersembahkannya kepada raja atas nama Mordekhai. Perkara itu diperiksa dan ternyata benar, maka kedua orang itu disulakan pada tiang. Dan peristiwa itu dituliskan di dalam kitab sejarah, di hadapan raja"

Dari cerita itu, hubungan Ester dan Mordekhai dimaksudkan untuk menggenapi rencana Tuhan dalam hidup bangsa Israel/Yahudi.

Hakim-hakim 13:5 "Sebab engkau akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki; kepalanya takkan kena pisau cukur, sebab sejak dari kandungan ibunya anak itu akan menjadi seorang nazir Allah dan dengan dia akan mulai penyelamatan orang Israel dari tangan orang Filistin."

Itulah nubuatan Tuhan akan samson. Nubuatan yang luar biasa, namun semua itu hancur ketika Samson berkenalan dan menikah dengan Delila. Entah bagaimana hubungan Samson dengan kedua orang tuanya, meski sempat menolak, namun kedua orangtua Samson justru tidak banyak komplain ketika mereka melamar Delila untuk anaknya.

Apa yang terjadi dalam kehidupan kita tidak tiba-tiba, namun butuh proses. Ada latar belakang kenapa segala hal bisa terjadi. Cek baik-baik apa yang menjadi latar belakang kehidupanmu, jangan sampai itu merusak hubungan yang kamu punya.

Hubungan yang baik tidak hanya sekadar merubah kita menjadi pribadi yang lebih baik, namun juga membuat orang lain yang terlibat dalam hubungan tersebut menjadi pribadi yang lebih baik.

Good relationship not only change you to become a better person but it also change other to become better person.

3. Hubungan yang menantang kita keluar dari zona nyaman untuk melakukan sesuatu yang lebih besar - relationship has to challenge you out from boat.

Ester 4: 7-17 "dan Mordekhai menceritakan kepadanya segala yang dialaminya, serta berapa banyaknya perak yang dijanjikan oleh Haman akan ditimbang untuk perbendaharaan raja sebagai harga pembinasaan orang Yahudi. Juga salinan surat undang-undang, yang dikeluarkan di Susan untuk memunahkan mereka itu, diserahkannya kepada Hatah, supaya diperlihatkan dan diberitahukan kepada Ester. Lagipula Hatah disuruh menyampaikan pesan kepada Ester, supaya pergi menghadap raja untuk memohon karunianya dan untuk membela bangsanya di hadapan baginda. Lalu masuklah Hatah dan menyampaikan perkataan Mordekhai kepada Ester. Akan tetapi Ester menyuruh Hatah memberitahukan kepada Mordekhai: "Semua pegawai raja serta penduduk daerah-daerah kerajaan mengetahui bahwa bagi setiap laki-laki atau perempuan, yang menghadap raja di pelataran dalam dengan tiada dipanggil, hanya berlaku satu undang-undang, yakni hukuman mati. Hanya orang yang kepadanya raja mengulurkan tongkat emas, yang akan tetap hidup. Dan aku selama tiga puluh hari ini tidak dipanggil menghadap raja." Ketika disampaikan orang perkataan Ester itu kepada Mordekhai,
maka Mordekhai menyuruh menyampaikan jawab ini kepada Ester: "Jangan kira, karena engkau di dalam istana raja, hanya engkau yang akan terluput dari antara semua orang Yahudi. Sebab sekalipun engkau pada saat ini berdiam diri saja, bagi orang Yahudi akan timbul juga pertolongan dan kelepasan dari pihak lain, dan engkau dengan kaum keluargamu akan binasa. Siapa tahu, mungkin justru untuk saat yang seperti ini engkau beroleh kedudukan sebagai ratu." Maka Ester menyuruh menyampaikan jawab ini kepada Mordekhai: "Pergilah, kumpulkanlah semua orang Yahudi yang terdapat di Susan dan berpuasalah untuk aku; janganlah makan dan janganlah minum tiga hari lamanya, baik waktu malam, baik waktu siang. Aku serta dayang-dayangkupun akan berpuasa demikian, dan kemudian aku akan masuk menghadap raja, sungguhpun berlawanan dengan undang-undang; kalau terpaksa aku mati, biarlah aku mati." Maka pergilah Mordekhai dan diperbuatnyalah tepat seperti yang dipesankan Ester kepadanya.

Hubungan dekatnya dengan Mordekhai, menantang Ester untuk melakukan sesuatu keluar dari zona nyamannya sebagai ratu. Cerita Ester berakhir bahagia, namun ester bukanlah ester jika tanpa mordekhai.

Dalam kehidupan, kita butuh orang2 seperti Mordekhai yang akan mendorong kita ke puncak jurang, supaya kita bisa terbang.

Sekarang pertanyaan besarnya, cek hubungan anda, punyakah anda hubungan yang akan membuka kunci anda menuju masa depan yang hebat?

1 komentar:

  1. Belum punya ya hubungan seperti Ester dan mordekhai,lalu apa yg harus saya perbuat?

    BalasHapus