Kamis, 17 Mei 2012

LAYAK PAKAI

(By : Jussar Badudu - Youth Pastor of JPCC)

1 Petrus 1:15-16 tetapi hendaklah kamu menjadi kudus di dalam seluruh hidupmu sama seperti Dia yang kudus, yang telah memanggil kamu, sebab ada tertulis: Kuduslah kamu, sebab Aku kudus. 

1 Petrus 2:9 Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib: 

Dikatakan dalam ayat diatas kita adalah yang TERPILIH, RAJANI ( berarti memiliki kemampuan untuk melakukan hal-hal yang biasanya dilakukan oleh raja). Dikatakan juga KUDUS, bahwa kita adalah kepunyaan allah. Kita dipanggil untuk menjadi pembawa berita. Dipanggil keluar artinya kita dipisahkan dari kegelapan kepada terang.

Kenapa Tuhan meminta kita kudus? Ketika kita bertobat, maka Tuhan menjadikan kita garam dan terang. Kita diminta menjadi alat untuk melakukan pekerjaan yang besar. Ketika kita sudah diselamatkan maka kita juga disuruh untuk mengerjakan keselamatan. 

Satu tugas yang Tuhan berikan yaitu 'Share the gospel'  itu sebabnya Tuhan mau kita jadi kudus.

Ibrani 10:10 Dan karena kehendak-Nya inilah kita telah dikuduskan satu kali untuk selama-lamanya oleh persembahan tubuh Yesus Kristus

Kita sudah dikuduskan satu kali untuk selamanya.
Ilustrasi : seringkali kita merasa bahwa kita kurang kudus, itu salah sebab apapun kondisi kita saat ini kita sudah kudus sebab Tuhan kudus. Kita sudah disucikan.

Tidak mau jadi alat meski kita sudah diselamatkan? Apapun yang kita lakukan, perbuatan kita akan dilihat orang baik kita mau ataupun tidak. Itulah gunanya kita diselamatkan dan dikuduskan Tuhan.

Terkadang kekudusan kita dicemari perbuatan kita tapi apakah itu mengurangi kekudusan kita?Tidak, karena kekudusan kita datangnya dari Tuhan yang Maha Kudus.

Dan ini yang seringkali kita lakukan, kita dipilih Tuhan untuk membersihkan orang lain tapi justru kita yang mengotori diri kita sendiri.

Pemahaman kita akan kekudusan seringkali ditentukan oleh suara yang kita dengar diluar. Yang biasa membuat kita berpikir bahwa kita tidak kudus itulah perbuatan si jahat.

Efesus 1:4 Sebab di dalam Dia Allah telah memilih kita sebelum dunia dijadikan, supaya kita kudus dan tak bercacat di hadapan-Nya. 

Ketahuilah bahwa kita sudah dipilih sebelum kita ada. Kita dipisahkan dari kegelapan karena kita akan dipakai Tuhan. Kenapa kita dipisahkan?supaya kita layak.

HOLINESS and USEFULNESS are linked. Kekudusan dan fungsi kegunaan tidak bisa dipisahkan. Karena untuk bisa digunakan kita harus bersih dahulu.

2 Timotius 2:21 (terjemahan Bahasa Indonesia Sehari-hari) "Orang yang membersihkan dirinya dari semua yang jahat, orang itu akan dipakai untuk keperluan yang istimewa. Ia menjadi milik yang khusus dan berguna bagi tuannya. Ia disediakan untuk dipakai bagi setiap pekerjaan yang baik"

Dalam terjemahan baru dikatakan "Jika seorang menyucikan dirinya dari hal-hal yang jahat, ia akan menjadi perabot rumah untuk maksud yang mulia, ia dikuduskan, dipandang layak untuk dipakai tuannya dan disediakan untuk setiap pekerjaan yang mulia" 

Manusia punya kecenderungan untuk menyukai segala sesuatu yang bersih. Sama seperti Tuhan. Tuhan suka yang bersih karena itulah kita diciptakan bersih dan selalu dibersihkan.

Ilustrasi : lap kotor tidak bisa dipakai untuk membersihkan sesuatu yang kotor.
Lap haruslah bersih untuk bisa membersihkan sesuatu yang kotor. Untuk bisa membersihkan lagi, lap yang kotor tersebut harus kembali dibersihkan.

Sama seperti kita, ketika kita kotor atau tercemar, kita harus kembali datang kepada Tuhan dan bertobat.

1 Yohanes 1:9 Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan. 

1 Petrus 2:5 (Bahasa Indonesia Sehari-hari) Dan biarlah kamu juga dipergunakan sebagai batu hidup untuk pembangunan suatu rumah rohani, bagi suatu imamat kudus, untuk mempersembahkan persembahan rohani yang karena Yesus Kristus berkenan kepada Allah.  

So let us come to God, biarlah Dia yang melayakkan kita untuk dipakai hanya bagi kemuliaan Nama-Nya.

1 komentar:

  1. Shallom, kok gak pernah update khotbah lagi ya sekarang... padahal blogmu ini sangat memberkati kami yang di Korea. kami tunggu updatenya lagi ya.. God bless

    BalasHapus