Selasa, 04 Oktober 2011

HONOR

(By: Ps Jeffrey Rachmat – Senior Pastor in JPCC)

Alkitab mengatakan di akhir jaman, orang akan mencintai diri sendiri dan tidak menghormati orang lain. Penting bagi anak Tuhan untuk tidak ikut menjadi sama seperti itu namun kita justru harus menjadi berkat.

Roma 13: 7 Bayarlah kepada semua orang apa yang harus kamu bayar: pajak kepada orang yang berhak menerima pajak, cukai kepada orang yang berhak menerima cukai; rasa takut kepada orang yang berhak menerima rasa takut dan hormat kepada orang yang berhak menerima hormat.

Hormat merupakan respect yang diwujudkan (dalam perbuatan). Respect bisa dilakukan diam-diam namun tidak demikian dengan hormat.

Keluaran 20: 12 Hormatilah ayahmu dan ibumu, supaya lanjut umurmu di tanah yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu. 

Tuhan ingin kita panjang umur untuk menikmati berkat Tuhan.

Kenapa kita harus menghormati orangtua kita? 1). Karena suatu saat nanti, kita juga akan menjadi orangtua dan merasakan hal yang sama 2). Sikap menghormati tidak berarti kita harus setuju dengan pendapat mereka namun tetap kita harus menghormati karena posisi dan otoritas yang mereka punya. Sama hal nya jika kita harus berdiri dan memberi hormat jika bertemu dengan kepala Negara, meski kita tidak setuju akan cara mereka. 3). Menghormati karena itu perintah Tuhan (titik)

1 Tim 5: 17 Penatua-penatua yang baik pimpinannya patut dihormati dua kali lipat, terutama mereka yang dengan jerih payah berkhotbah dan mengajar. 

Atau dalam terjemahan Bahasa Indonesia Sehari-hari Pemimpin jemaat yang melakukan tugasnya dengan baik, patut diberi penghargaan dua kali lipat, terutama sekali mereka yang rajin berkhotbah dan mengajar”

Dari ayat diatas, Paulus ingin Timotius mempunyai sikap yang benar atau standard yang lebih tinggi dalam menghormati lebih daripada standard yang ditetapkan oleh orang dunia.

Amsal 3: 9-10 (BIS) Hormatilah TUHAN dengan mempersembahkan kepada-Nya yang terbaik dari segala harta milik dan hasil tanahmu, maka lumbung-lumbungmu akan penuh gandum, dan air anggurmu akan berlimpah-limpah sehingga tidak cukup tempat untuk menyimpannya.

Dalam bahasa aslinya, ayat diatas menggunakan kata “kabad” yang mempunyai dua arti yaitu hormat dan kemuliaan.

Bagaimana caranya kita menghormati Tuhan?

1). Memberikan yang terbaik pada Tuhan

Semua peraturan dan perintah yang Tuhan berikan pada kita, semuanya itu dilakukan demi kebaikan kita. Memberikan persembahan adalah salah satu cara untuk menghormati Tuhan.

Di JPCC, persembahan tidak disodorkan melainkan ditaruh disatu tempat, siapapun yang berkenan memberikan bisa memberi dan memasukkannya secara langsung. Kenapa itu dilakukan?karena kita harus mendisiplinkan diri untuk bisa memberikan persembahan. Kita harus selalu punya kebiasaan untuk memberi. Kita harus selalu belajar memberikan yang terbaik untuk Tuhan.

Ilustrasi : jika anda melihat tradisi tumpengan maka anda akan bisa tahu jika potongan pertama dari tumpeng selalu diberikan kepada mereka yang dituakan/ dihormati. Itu artinya yang terbaik diberikan.

2). Hormat berarti mendahulukan Tuhan dalam segala sesuatu

Salah satu cara menghormati orang lain adalah dengan datang tepat waktu.

Di JPCC, kebaktian selalu dimulai tepat waktu karena menghormati mereka yang sudah datang terlebih dahulu. Kebanyakan mereka akan menunggu sampai gereja penuh, namun itu berarti menghormati mereka yang belum tentu akan datang dan melupakan jemaat yang sebelumnya susah payah datang pagi. 

Mendahulukan orang lain diatas kepentingan kita itulah menghormati

Jika ingin mendapatkan yang terbaik, maka harus dimulai dengan memberikan yang terbaik.

Hormat = Honor = kabad = “to be heavy” = menjadi lebih berbobot

Asal kata Honorarium/ salary/ upah/ gaji adalah Honor (hormat) Salary/ upah merupakan perwujudan bobot/ nilai kita dimata orang yang menggaji kita. Makanya jika anda ingin gaji naik, maka anda harus menambah bobot/ nilai yang anda miliki dalam pekerjaan.

Markus 6: 1-6 Kemudian Yesus berangkat dari situ dan tiba di tempat asal-Nya, sedang murid-murid-Nya mengikuti Dia. Pada hari Sabat Ia mulai mengajar di rumah ibadat dan jemaat yang besar takjub ketika mendengar Dia dan mereka berkata: "Dari mana diperoleh-Nya semuanya itu? Hikmat apa pulakah yang diberikan kepada-Nya? Dan mujizat-mujizat yang demikian bagaimanakah dapat diadakan oleh tangan-Nya? Bukankah Ia ini tukang kayu, anak Maria, saudara Yakobus, Yoses, Yudas dan Simon? Dan bukankah saudara-saudara-Nya yang perempuan ada bersama kita?" Lalu mereka kecewa dan menolak Dia. Maka Yesus berkata kepada mereka: "Seorang nabi dihormati di mana-mana kecuali di tempat asalnya sendiri, di antara kaum keluarganya dan di rumahnya." Ia tidak dapat mengadakan satu mujizatpun di sana, kecuali menyembuhkan beberapa orang sakit dengan meletakkan tangan-Nya atas mereka. Ia merasa heran atas ketidakpercayaan mereka. Lalu Yesus berjalan keliling dari desa ke desa sambil mengajar. 

Jemaat hilang kesempatan untuk mendapatkan berkat namun mereka gagal menghormati Yesus. Jika kita ingin mendapatkan hal yang terbaik dari seseorang maka kita harus menghormati orang tersebut terlebih dahulu.
Ilustrasi : Kita mengundang seorang diva namun diva itu dijemput dengan pick up dan dibawa menginap ke hotel yang tidak jelas, jika dia menyanyi maka dia hanya akan memenuhi kontraknya namun lain kali diva tersebut tidak akan datang lagi jika kita undang.

Lukas 19: 1-8 Yesus masuk ke kota Yerikho dan berjalan terus melintasi kota itu. Di situ ada seorang bernama Zakheus, kepala pemungut cukai, dan ia seorang yang kaya. Ia berusaha untuk melihat orang apakah Yesus itu, tetapi ia tidak berhasil karena orang banyak, sebab badannya pendek.  Maka berlarilah ia mendahului orang banyak, lalu memanjat pohon ara untuk melihat Yesus, yang akan lewat di situ. Ketika Yesus sampai ke tempat itu, Ia melihat ke atas dan berkata: "Zakheus, segeralah turun, sebab hari ini Aku harus menumpang di rumahmu." Lalu Zakheus segera turun dan menerima Yesus dengan sukacita. Tetapi semua orang yang melihat hal itu bersungut-sungut, katanya: "Ia menumpang di rumah orang berdosa." Tetapi Zakheus berdiri dan berkata kepada Tuhan: "Tuhan, setengah dari milikku akan kuberikan kepada orang miskin dan sekiranya ada sesuatu yang kuperas dari seseorang akan kukembalikan empat kali lipat." 

Orang lain gagal menghormati Zakeus namun begitu Yesus yang terlebih dahulu menghormati Zakeus maka justru pemungut cukai ini membuat sebuah keputusan yang besar.

Tidak ada cara lain untuk mengeluarkan nilai yang terbaik selain menghormati. Anda tidak bisa mengeluarkan potensi terbaik seseorang dengan menjatuhkan atau membuat gossip tentang seseorang.

Jemaat ditempat asal Yesus kehilangan kesempatan mendapatkan mujizat karena menolak Yesus setelah mereka meragukan keberadaan serta kuasa Yesus. Itu semua terjadi karena mereka mengetahui asal usul Yesus dan keluarganya. Terkadang orang yang bisa membantu kita adalah orang yang berada di dekat kita namun kita cenderung gengsi karena kita ‘merasa’ sudah tahu mengenai mereka.

Ilustrasi: Saat ps Jeff sedang berada di luar kota, anak keduanya menelpon dan minta diajar mengenai PR matematika, ps Jeff memberitahu putrinya untuk bertanya pada kakaknya, karena sang kakak sudah pernah diajari sebelumnya. Namun putrinya bilang dia akan menunggu ayahnya. Saat ps Jeff pulang, sang kakak ditanya mengapa tidak mau membantu adiknya, dia bilang dia sudah menawarkan bantuan namun adiknya menolak.

Hormat adalah sikap hati yang diwujudkan dalam bentuk tindakan. Untuk bisa menghormati, kita harus rendah hati terlebih dahulu.

Jemaat di Markus 6 tidak rendah hati, mereka justru menurunkan Yesus di posisi yang sama dengan mereka. Mereka lakukan hal tersebut hanya karena mereka tidak mau mengakui Yesus hebat dan kuasa-Nya luar biasa hingga mereka harus cari orang lain dan tidak percaya.

Ilustrasi: Hal tersebut juga terjadi di keluarga besar ps Jeff yang justru memilih mencari hamba Tuhan lainnya dibanding minta bantuan pada dirinya, padahal dia begitu dekat dan bisa dimintai tolong.

“If you want the best ouf of Jesus, learn to honor Him”

Jika anda ingin Yesus memberikan yang terbaik buat anda maka anda harus menghormati Dia terlebih dahulu.
“If you want the best out of people, learn to honor them”

Jika anda ingin mengeluarkan potensi terbaik dari seseorang maka hormatilah orang tersebut terlebih dahulu. Hormatilah mereka meski posisi mereka lebih rendah, mulailah menghormati dari dalam rumah anda.

Ilustrasi: Hormatilah pembantu anda, jangan heran jika anda kelimpungan karena setelah lebaran mereka tidak mau kembali pada anda. Introspeksi dan belajarlah menghormati para pembantu anda.

Menghormati bukan sekadar menghormati namun merupakan sikap yang berasal dari hati. Mari belajar saling menghormati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar