Rabu, 14 September 2011

DON'T LOSE HEART - JANGAN TAWAR HATI

(By : Ps Sidney Mohede - Pastor in JPCC also famous Worship Leader, singer and song writer)

Hope  means to trust  or to wait upon 

Kita semua punya harapan, kita semua berpegang pada sesuatu namun terkadang atau seringkali kita mengharapkan atau berpegang pada sesuatu yang semu. Pengharapan semu adalah pengharapan atas sesuatu yg bersifat sementara. 

Apa yang dunia ajarkan tentang pengharapan berbeda dengan apa yang Tuhan dalam iman kristiani ajarkan. Pengharapan pada Yesus yang adalah kekal tidak akan mengecewakan. Tapi pengharapan kepada Tuhan bukan berarti segalanya akan baik-baik saja.

Mazmur 31:25 Kuatkanlah dan teguhkanlah hatimu, hai semua orang yang berharap kepada TUHAN! Atau dalam terjemahan bahasa inggrisnya be strong n let ur heart take courage, all u who hope in the lord 

Seringkali ketika kita berharap, ada saja masalah yang bisa bikin hati kita kecewa namun Tuhan berkata kita harus tetap kuat dan meneguhkan hati

2kor 4: 6-11 Sebab Allah yang telah berfirman: "Dari dalam gelap akan terbit terang!", Ia juga yang membuat terang-Nya bercahaya di dalam hati kita, supaya kita beroleh terang dari pengetahuan tentang kemuliaan Allah yang nampak pada wajah Kristus. Tetapi harta ini kami punyai dalam bejana tanah liat, supaya nyata, bahwa kekuatan yang melimpah-limpah itu berasal dari Allah, bukan dari diri kami. Dalam segala hal kami ditindas, namun tidak terjepit; kami habis akal, namun tidak putus asa; kami dianiaya, namun tidak ditinggalkan sendirian, kami dihempaskan, namun tidak binasa.  Kami senantiasa membawa kematian Yesus di dalam tubuh kami, supaya kehidupan Yesus juga menjadi nyata di dalam tubuh kami. Sebab kami, yang masih hidup ini, terus-menerus diserahkan kepada maut karena Yesus, supaya juga hidup Yesus menjadi nyata di dalam tubuh kami yang fana ini. 

Dalam ayat diatas, Tuhan menyebut kita bejana tanah liat yang fragile atau rapuh tapi Tuhan menaruh didalamnya sinar kehidupan sehingga ketika kita jatuh kita bisa menunjukkan keberadaan Tuhan dan hanya dengan kekuataan-Nya saja yang bisa bikin kita hebat.

2kor 4:16-17
Sebab itu kami tidak tawar hati, tetapi meskipun manusia lahiriah kami semakin merosot, namun manusia batiniah kami dibaharui dari sehari ke sehari. Sebab penderitaan ringan yang sekarang ini, mengerjakan bagi kami kemuliaan kekal yang melebihi segala-galanya, jauh lebih besar dari pada penderitaan kami. Sebab kami tidak memperhatikan yang kelihatan, melainkan yang tak kelihatan, karena yang kelihatan adalah sementara, sedangkan yang tak kelihatan adalah kekal. 

Our hope is our anchor, Harapan kita adalah jangkar yang menahan kehidupan kita agar tidak bergoncang tetapi kalau fondasinya tidak pada sesuatu yang bersifat kekal dan keselamatan, maka tidak akan ada artinya.

Winston Churchill pernah berkata “Success is not final, failure is not fatal it is the courage to continue that counts” bahwa kesuksesan itu bukan sesuatu yang bersifat final atau akhir, sementara kegagalan bukan sesuatu yang fatal, yang penting adalah “keberanian” untuk meneruskan apa yang sudah kita mulai dari akhir itulah yang penting.

Mazmur 27:14 
Nantikanlah TUHAN! Kuatkanlah dan teguhkanlah hatimu! Ya, nantikanlah TUHAN! 

Galatia 6:9 Janganlah kita jemu-jemu berbuat baik, karena apabila sudah datang waktunya, kita akan menuai, jika kita tidak menjadi lemah. 

Roma 5:1-5 Sebab itu, kita yang dibenarkan karena iman, kita hidup dalam damai sejahtera dengan Allah oleh karena Tuhan kita, Yesus Kristus. Oleh Dia kita juga beroleh jalan masuk oleh iman kepada kasih karunia ini. Di dalam kasih karunia ini kita berdiri dan kita bermegah dalam pengharapan akan menerima kemuliaan Allah. Dan bukan hanya itu saja. Kita malah bermegah juga dalam kesengsaraan kita, karena kita tahu, bahwa kesengsaraan itu menimbulkan ketekunan, dan ketekunan menimbulkan tahan uji dan tahan uji menimbulkan pengharapan. Dan pengharapan tidak mengecewakan, karena kasih Allah telah dicurahkan di dalam hati kita oleh Roh Kudus yang telah dikaruniakan kepada kita. 

Kata tahan uji yang dipakai dalam ayat diatas adalah kata yang sama yang dipakai untuk menggambarkan metal yang dilebur untuk keluarkan semua kotoran yang jelek dan membuatnya jadi metal yang baik. Tuhan mau mengeluarkan yang terbaik dari kita dengan membiarkan yang buruk terjadi karena dengan itulah kita akan punya pengharapan yang kuat.

Habakuk 3 :17 Sekalipun pohon ara tidak berbunga, pohon anggur tidak berbuah, hasil pohon zaitun mengecewakan, sekalipun ladang-ladang tidak menghasilkan bahan makanan, kambing domba terhalau dari kurungan, dan tidak ada lembu sapi dalam kandang, 

Its all about HIM, ini bukan tentang apa yang kita inginkan tapi tentang apa yang sudah Tuhan lakukan dalam hidup kita..terkadang kita lupa peranan Tuhan dalam hidup kita 

Ilustrasi : Dalam perjalanan liburan ke Singapura, saat Sidney sedang menunggu di bandara, anaknya yang pertama Ethan yang baru berumur 5 tahun sedang bermain game, dan di level terakhir game tersebut, Ethan kalah terus sampai dia kesal. Sidney kemudian mendekati anaknya dan bertanya apa yang bisa dia lakukan untuk Ethan. Ethan dengan muka polosnya berkata bahwa dia ingin ayahnya cheers for him, bersorak dan menyemangatinya agar dia menang. Sidney kemudian berteriak-teriak “ayo ethan, kamu bisa, pukul dia, kalahkan dia” hingga akhirnya Ethan pun berhasil mengalahkan level terakhir tersebut. Saat itu Sidney memuji anaknya namun Ethan kemudian menyahut dan berkata “no dad, its all because of you”
Itulah Tuhan. Dia tidak pernah lalai terus menyemangati kita agar kita bisa sampai di garis akhir kemenangan, kitapun bisa menang karena Tuhan.

Taruhlah pengharapanmu di tangan Tuha karena saat ini Tuhan telah menaruh segala sesuatu yang kamu butuhkan untuk menghadapi apapun yang dunia lemparkan kepada kita. Jika dengan menggunakan kekuatan kita ditambah kekuatan Tuhan yang biasa-biasa saja bisa menang apalagi jika kita percaya penuh pada Tuhan dan manfaatkan potensi kita sebaik mungkin, bisa bayangkan efek besar yang mungkin terjadi? 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar