Minggu, 18 September 2011

ENYAHLAH DARI PADAKU

(By: Ps Jussar Badudu - Youth Pastor in JPCC)

Anything uncontrolled can harm you and you relationship

Penguasaan diri harus berbicara soal batas. Kunci dari penguasaan diri terletak pada diri sndiri , musuh terbesar jika kita mau mencapai tujuan adalah diri sndiri.

2 Tim 1:7
Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban.

1 Kor 9: 24-27 Tidak tahukah kamu, bahwa dalam gelanggang pertandingan semua peserta turut berlari, tetapi bahwa hanya satu orang saja yang mendapat hadiah? Karena itu larilah begitu rupa, sehingga kamu memperolehnya! Tiap-tiap orang yang turut mengambil bagian dalam pertandingan, menguasai dirinya dalam segala hal. Mereka berbuat demikian untuk memperoleh suatu mahkota yang fana, tetapi kita untuk memperoleh suatu mahkota yang abadi. Sebab itu aku tidak berlari tanpa tujuan dan aku bukan petinju yang sembarangan saja memukul. Tetapi aku melatih tubuhku dan menguasainya seluruhnya, supaya sesudah memberitakan Injil kepada orang lain, jangan aku sendiri ditolak. 

Ketika kita berhasil menguasai diri akan ada reward/hadiahnya. Itu sebabnya Paulus mengatakan bahwa dia tidak lari sembarangan karena ada tujuan ada waktunya. Paulus juga menekankan agar masih tetap punya tenaga tersisa untuk melaju hingga ke garis finish. Menguasai diri pun ada tujuannya

Apa bedanya peninju dan petinju? peninju menggunakan anggota badannya dan sembarangan memukul tetapi petinju, dia berlatih dan memukul dengan emosi yang tepat dan strategi. Kita harus menjadi petinju untuk bisa memenangkan gelar bukan peninju.

Apa yang harus dilakukan untuk bisa menguasai diri?

1. KENDALIKAN MOOD ANDA
Amsal 25:28 Orang yang tak dapat mengendalikan diri adalah seperti kota yang roboh temboknya. 

2. KENDALIKAN PIKIRAN ANDA
2 kor 10: 5 Kami mematahkan setiap siasat orang dan merubuhkan setiap kubu yang dibangun oleh keangkuhan manusia untuk menentang pengenalan akan Allah. Kami menawan segala pikiran dan menaklukkannya kepada Kristus, 
Semua yang ada dalam pikiran tersebut dikeluarkan oleh mulut. Untuk bisa mengendalikan pikiran maka kita harus kendalikan dulu dan pilah-pilih mana yang harusnya masuk ke pikiran.

3. KENDALIKAN PERKATAAN ANDA
Amsal 19:9 Saksi dusta tidak akan luput dari hukuman, orang yang menyembur-nyemburkan kebohongan akan binasa. 
kendalikan perkataan termasuk ketika akan menulis status di twitter maupun di facebook. Pikirkan dahulu semuanya, karena jika tidak suatu saat hal tersebut akan berbalik.

4. KENDALIKAN REAKSI
Kendalikan reaksi yang anda lakukan. Misalnya ketika anda digosipin, maka jangan pedulikan apa yang mereka katakan, ketika dijauhi kita tidak boleh marah harus tetap baik kepada orang lain. Reaksi kita menentukan sejauh mana kita bisa menguasai diri.
Semua penguasaan diri dimulai dengan keputusan. We have to decide it. Kita harus dengan tegas mengambil keputusan untuk menguasai diri. Keputusan tersebut harus anda lakukan dengan tekun sehingga jika itu terus dilakukan maka akan berubah menjadi gaya hidup.
Untuk mneguasai diri tentukan dulu tujuannya. 

Titus 2:6
Demikian juga orang-orang muda; nasihatilah mereka supaya mereka menguasai diri dalam segala hal


Tidak ada komentar:

Posting Komentar