Minggu, 18 September 2011

GOOD VS EVIL

(By: Friley Fonda - DATE Leader in JPCC)


Roma 5 :20 (the message bible) The law was brought in so that the trespass might increase. But where sin increased, grace increased all the more,

Roma 5: 20 Tetapi hukum Taurat ditambahkan, supaya pelanggaran menjadi semakin banyak; dan di mana dosa bertambah banyak, di sana kasih karunia menjadi berlimpah-limpah, 

Dalam dunia ini dimana kejahatan merajalela, kasih karunia selalu menang mutlak. Karena kasih karunia Tuhan lebih banyak dari semua kesalahan yang kita buat. Tuhan sendiri yang bilang dimana dosa bertambah banyak maka kasih karunia melimpah.

Mat 10: 5-15
Kedua belas murid itu diutus oleh Yesus dan Ia berpesan kepada mereka: "Janganlah kamu menyimpang ke jalan bangsa lain atau masuk ke dalam kota orang Samaria, melainkan pergilah kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel. Pergilah dan beritakanlah: Kerajaan Sorga sudah dekat. Sembuhkanlah orang sakit; bangkitkanlah orang mati; tahirkanlah orang kusta; usirlah setan-setan. Kamu telah memperolehnya dengan cuma-cuma, karena itu berikanlah pula dengan cuma-cuma. Janganlah kamu membawa emas atau perak atau tembaga dalam ikat pinggangmu. Janganlah kamu membawa bekal dalam perjalanan, janganlah kamu membawa baju dua helai, kasut atau tongkat, sebab seorang pekerja patut mendapat upahnya. Apabila kamu masuk kota atau desa, carilah di situ seorang yang layak dan tinggallah padanya sampai kamu berangkat. Apabila kamu masuk rumah orang, berilah salam kepada mereka. Jika mereka layak menerimanya, salammu itu turun ke atasnya, jika tidak, salammu itu kembali kepadamu. Dan apabila seorang tidak menerima kamu dan tidak mendengar perkataanmu, keluarlah dan tinggalkanlah rumah atau kota itu dan kebaskanlah debunya dari kakimu. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya pada hari penghakiman tanah Sodom dan Gomora akan lebih ringan tanggungannya dari pada kota itu." 

Yesus mengutus murid-muridNya pergi memberitakan injil dengan kebaikan. Receive God goodness is a good thing but to pass it on others is the best thing. Saat kita membagikan kebaikan Tuhan yang kita dapat, yakinlah kebaikan Tuhan akan selalu mengejar kita. Mazmur 23: 6 Surely goodness and mercy shall follow me all the days of my life.

Dalam ayat diatas, Tuhan mengutus murid-muridNya pergi tanpa memperbolehkan mereka membawa sesuatu (lihat ayat 9-10) Ini sedikit aneh, namun jika Tuhan meminta kita melakukan sesuatu pasti ada alasannya. 

Kenapa Yesus meminta mereka tidak membawa sesuatu? Karena Tuhan ingin murid-muridNya bergantung kepada Tuhan. Tuhan ingin kita mlakukan kebaikan pada orang lain maka pemeliharaan Tuhan akan slalu menyertai.

Kebaikan Tuhan bervariasi, tdk sekadar dibatasi oleh situasi dan kondisi. Kebaikan Tuhan tidak hanya terjadi ketika anda menang lotere milyaran rupiah namun juga bisa terjadi ketika anda patah hati. Masalahnya adalah bagaimana anda melihat cara Tuhan mengirimkan kebaikan tersebut.

Dalam Ayat 14-15
Dan apabila seorang tidak menerima kamu dan tidak mendengar perkataanmu, keluarlah dan tinggalkanlah rumah atau kota itu dan kebaskanlah debunya dari kakimu. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya pada hari penghakiman tanah Sodom dan Gomora akan lebih ringan tanggungannya dari pada kota itu.

Dalam ayat diatas Tuhan marah bahkan Tuhan agak sadis ketika memberikan perintah tersebut. Anda pasti tahu cerita tentang Sodom dan Gomora di Kejadian 19, namun ingatkah and a ketika Abraham sedang tawar-menawar dengan Tuhan.

Kejadian 18 : 23-32 Abraham datang mendekat dan berkata: "Apakah Engkau akan melenyapkan orang benar bersama-sama dengan orang fasik? Bagaimana sekiranya ada lima puluh orang benar dalam kota itu? Apakah Engkau akan melenyapkan tempat itu dan tidakkah Engkau mengampuninya karena kelima puluh orang benar yang ada di dalamnya itu? Jauhlah kiranya dari pada-Mu untuk berbuat demikian, membunuh orang benar bersama-sama dengan orang fasik, sehingga orang benar itu seolah-olah sama dengan orang fasik! Jauhlah kiranya yang demikian dari pada-Mu! Masakan Hakim segenap bumi tidak menghukum dengan adil?" TUHAN berfirman: "Jika Kudapati lima puluh orang benar dalam kota Sodom, Aku akan mengampuni seluruh tempat itu karena mereka." Abraham menyahut: "Sesungguhnya aku telah memberanikan diri berkata kepada Tuhan, walaupun aku debu dan abu. Sekiranya kurang lima orang dari kelima puluh orang benar itu, apakah Engkau akan memusnahkan seluruh kota itu karena yang lima itu?" Firman-Nya: "Aku tidak memusnahkannya, jika Kudapati empat puluh lima di sana." Lagi Abraham melanjutkan perkataannya kepada-Nya: "Sekiranya empat puluh didapati di sana?" Firman-Nya: "Aku tidak akan berbuat demikian karena yang empat puluh itu." Katanya: "Janganlah kiranya Tuhan murka, kalau aku berkata sekali lagi. Sekiranya tiga puluh didapati di sana?" Firman-Nya: "Aku tidak akan berbuat demikian, jika Kudapati tiga puluh di sana." Katanya: "Sesungguhnya aku telah memberanikan diri berkata kepada Tuhan. Sekiranya dua puluh didapati di sana?" Firman-Nya: "Aku tidak akan memusnahkannya karena yang dua puluh itu." Katanya: "Janganlah kiranya Tuhan murka, kalau aku berkata lagi sekali ini saja. Sekiranya sepuluh didapati di sana?" Firman-Nya: "Aku tidak akan memusnahkannya karena yang sepuluh itu." 

Ayat diatas itulah kebaikan Tuhan yang terjadi.
Ketika Yesus memberikan perintah keras tersebut, Tuhan mengajarkan bahwa kebaikan yang sudah kita terima jika kita tidak membalasnya dengan kebaikan maka itu jahat. Itu sebabnya Dia menyuruh murid-Nya tuk mengebaskan debu dari kasut mereka.

Roma 12:17 Janganlah membalas kejahatan dengan kejahatan; lakukanlah apa yang baik bagi semua orang! 

Kalau kejahatan saja Tuhan berkata agar kita membalasnya dengan kebaikan. Nah apa yang harus kita lakukan untuk membalas jika kita mendapatkan kebaikan? Berarti kita harus lebih baik. Untuk itu kita akan lebih memahami mengapa Yesus begitu marah kepada orang-orang yang tidak membalas kebaikan.

Roma 12:21 Janganlah kamu kalah terhadap kejahatan, tetapi kalahkanlah kejahatan dengan kebaikan! 

Satu yang harus kita percaya bahwa kebaikan akan selalu mengalahkan kejahatan, selalu!!!

Amsal 3: 27 Janganlah menahan kebaikan dari pada orang-orang yang berhak menerimanya, padahal engkau mampu melakukannya. 

Dalam sebuah retreat remaja, Fonda bertemu dengan seorang lelaki asal Flores yang bertampang preman yang justru berhati baik. Fonda awalnya sangat takut dan malas mendekati lelaki ini namun dia melihat sesuatu yang berbeda ketika lelaki ini bahkan mau naik pohon untuk mengambil bola milik anak-anak yang tersangkut diatas. Lelaki ini menceritakan dan lebih memahami kebaikan yang Tuhan taruh dalam hidupnya, lebih dari yang Fonda resapi. Lelaki itu bilang dia ingin ke gereja namun tidak bisa karena pekerjaannya sehingga Fonda berjanji akan mengirimkan kaset dan dvd khotbah agar pria ini tetap bisa merasakan kasih Tuhan.

Kebaikan dibalas dengan kebaikan. Kejahatan dibalas dengan kebaikan. Apakah anda berpikir kejahatan bisa menang? Kebaikan selalu menang, dan hanya itu yang perlu kita lakukan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar