Rabu, 14 September 2011

GRACE

(By : Kenny Goh - DATE Leader in JPCC)

Efesus 2:8-9 Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri. 

Grace berarti Kasih Karunia atau jika diterjemahkan ke bahasa inggris maka artinya = Love Gift. Karena sifatnya hadiah maka ini adalah sesuatu yang kita dapatkan secara cuma-cuma/gratis tanpa kita perlu membayarnya. Ketika kita harus membayar its not a gift its not karunia. Keselamatan adalah kasih karunia yang diberikan Tuhan kepada kita.
Diselamatkan artinya dikembalikan menjadi utuh seperti semula

Efesus 1:7
Sebab di dalam Dia dan oleh darah-Nya kita beroleh penebusan, yaitu pengampunan dosa, menurut kekayaan kasih karunia-Nya, 
Kasih karunia artinya kita menerimanya bukan berdasarkan ketulusan atau seberapa luar biasa pelayanan kita tetapi karena Tuhan yang memutuskan memberikannya kepada kita.
Roma 4:1-5 Jadi apakah akan kita katakan tentang Abraham, bapa leluhur jasmani kita? Sebab jikalau Abraham dibenarkan karena perbuatannya, maka ia beroleh dasar untuk bermegah, tetapi tidak di hadapan Allah. Sebab apakah dikatakan nas Kitab Suci? "Lalu percayalah Abraham kepada Tuhan, dan Tuhan memperhitungkan hal itu kepadanya sebagai kebenaran." Kalau ada orang yang bekerja, upahnya tidak diperhitungkan sebagai hadiah, tetapi sebagai haknya. Tetapi kalau ada orang yang tidak bekerja, namun percaya kepada Dia yang membenarkan orang durhaka, imannya diperhitungkan menjadi kebenaran. 

Yang kita terima ini hadiah dari Tuhan dan bukan upah. Kita tidak perlu melakukan apapun untuk keselamatan kita karena ini adalah “love gift” Tuhan buat kita.
Kita seringkali salah persepsi berpikir bahwa Kasih atau Cintaadalah sebuah perasaan tapi sebenarnya is not only a feeling. Cinta bukan perasaan yang dipengaruhi oleh emosi kita yang kadang ada atau kadangkala hilang. Terkadang itu yang kita lakukan terhadap cinta.

Cinta itu tindakan (dimaknai dengan verb atau kata kerja) = melakukan/ memberi sesuatu untuk seseorang. Ketika kita memperlakukan cinta sebagai perasaan maka sebenarnya itu bukanlah cinta melainkan “i love the way you make me feel” kita hanya menyukai perasaan yang ditimbulkan ketika seseorang memberikan cintanya.

Untuk anda para perempuan, Jangan percaya pada kata2, terutama kata cinta yang didengungkan seorang pria..

Karena Cinta itu tindakan maka tidak berkaitan dengan perasaan kita apapun yang terjadi. Pasti ada  hari-hari dimana kita tidak menyukai seseorang namun ketika kita mencintai, kita harus tetap melakukan yang terbaik untuk orang tersebut. Yang harus kita ingat adalah bahwa kita tidak harus suka untuk mengasihi.

Cinta hampir sama dengan kasih karunia. Kasih karunia adalah berbuat baik bagi orang yang  tidak layak menerimanya, tidak ada hubungannya dengan perasaan kita saat itu.

Roma 5:8
Akan tetapi Allah menunjukkan kasih-Nya kepada kita, oleh karena Kristus telah mati untuk kita, ketika kita masih berdosa.

Kasih karunia tidak diberikan Tuhan pada saat kita benar. Tuhan tidak menunggu kita berubah suci dulu tetapi justru Dia memberikannya pada saat kita masih berdosa. Dia sudah merencanakan dan memberi yang terbaik buat kita. Dosa itu menjijikkan bagi Tuhan
Tapi bahkan ketika kita masih berdosa Dia sudah mengasihi kita

Ilustrasi diambil dari kitab Yunus. Cerita tentang Nabi Yunus yang disuruh Tuhan ke Niniwe untuk memberitakan penghukuman jika rakyat Niniwe tidak mau bertobat. Namun Yunus justru lari dari panggilan tersebut. Dari cerita Yunus, ketika kita lari dari Tuhan, somehow we always do stupid thing. Disaat kita berontak, Tuhan masih bisa memakai kita untuk menyelamatkan orang. Yunus disuruh Tuhan ke Niniwe yaitu 1700km ke arah atas dipeta namun justru dia mlarikan diri 3700km ke bawah ke Tarsis.

(Yunus 3) Ketika Yunus akhirnya sampai di Niniwe dan menyampaikan maksudnya, rakyat Niniwe bertobat dan Tuhan memberikan pengampunan. Ketika Yunus tahu, Yunus sangat marah akan kenyataan tersebut. Dari cerita diatas kita bisa melihat bahwa Kasih karunia itu enak diterima tapi tidak mudah memberikannya. Bagi rakyat Niniwe yang diampuni dosanya, kasih karunia terasa luar biasa, namun bagi Yunus yang melihatnya, tidak udah bagi dia menerimanya. Bagi Yunus, kasih karunia itu tidak adil.

(Yunus 4:1-3) Yunus lebih rela mati daripada melihat Tuhan memberikan pengampunan untuk Niniwe. 120 ribu orang bertobat tapi justru Yunus marah dan bĂȘte. Jika diarti harafiahkan maka Yunus mungkin akan berkata "Nah kan Tuhan, ini ni sebabnya aku kemarin lari. Karena aku tahu Engkau baik, I don't wanna see my enemy blessed" Seseorang pernah berkata Grace is maturity when It visiting your neighbour. Kasih karunia adalah kedewasaan ketika kasih itu mendatangi orang lain dan bukan kita.

Yunus 4 : 11 Bagaimana tidak Aku akan sayang kepada Niniwe, kota yang besar itu, yang berpenduduk lebih dari seratus dua puluh ribu orang, yang semuanya tak tahu membedakan tangan kanan dari tangan kiri, dengan ternaknya yang banyak?" 

Niniwe yang jahat dan bejat dimata Tuhan adalah orang yang tidak tahu membedakan kanan atau kiri. Tuhan menganggap kesalahan Niniwe sebagai hal yang simple/ atau kecil. Terkadang kita lebih peduli dengan semua hal yang terjadi disekitar kita tetapi Tuhan justru bilang bahwa Dia lebih peduli pada manusia. Kasih karunia adalah mengasihi orang yang tidak layak untuk menerima kasih kita.

Pernahkah kalian memberikan segala yang kalian punya untuk musuh atau orang yang kalian benci?Itulah Yesus... Itulah arti kasih karunia.

Andy Stanley menulis “Grace solve every human problem” Ketika kita sudah menerima kasih karunia tersebut maka haruslah hidup kita pun diubahkan oleh kasih karunia yang sama. Kita juga harus mengasihi orang lain sama dengan cara Yesus mengasihi kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar