Minggu, 18 September 2011

FRUIT OF THE SPIRIT

(By: Ps Sidney Mohede - Worship Leader, Song writer, Singer and Pastor in JPCC)

Galatia 5 : 16-26 Maksudku ialah: hiduplah oleh Roh, maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging. Sebab keinginan daging berlawanan dengan keinginan Roh dan keinginan Roh berlawanan dengan keinginan daging--karena keduanya bertentangan--sehingga kamu setiap kali tidak melakukan apa yang kamu kehendaki. Akan tetapi jikalau kamu memberi dirimu dipimpin oleh Roh, maka kamu tidak hidup di bawah hukum Taurat. Perbuatan daging telah nyata, yaitu: percabulan, kecemaran, hawa nafsu, penyembahan berhala, sihir, perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, percideraan, roh pemecah, kedengkian, kemabukan, pesta pora dan sebagainya. Terhadap semuanya itu kuperingatkan kamu--seperti yang telah kubuat dahulu--bahwa barangsiapa melakukan hal-hal yang demikian, ia tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah. Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu. Barangsiapa menjadi milik Kristus Yesus, ia telah menyalibkan daging dengan segala hawa nafsu dan keinginannya.  Jikalau kita hidup oleh Roh, baiklah hidup kita juga dipimpin oleh Roh, dan janganlah kita gila hormat, janganlah kita saling menantang dan saling mendengki. 

Jika anda membaca ayat diatas, ada berapa buah roh? Seringkali kita berpikir ada 9 buah roh tapi sebenarnya hanya ada 1 buah roh. Dalam bahasa inggrisnya dikatakan “Fruit of the spirit” (bukan Fruits – tidak ada penambahan s jadi bukan jamak) Buah roh hanya satu tetapi cirinya ada 9 dan semuanya tidak bisa dipisahkan dan buah ini dari Roh Kudus.

Ada beberapa hal yang bisa kita pelajari tentang buah :
  1. Buah itu slalu bertumbuh (fruit grows)
Kadangkala kita frustasi ketika buah Roh ini tidak ada dalam diri kita dan tidak kita miliki.

Jika anda melihat gambar bakal buah melon. Memang ketika kecil tidak terlihat seperti melon tapi dia tetap buah melon. Itulah buah roh. Mungkin dalam kehidupanmu buah roh mu seperti melon kecil itu, mungkin belum terlihat tapi buah roh itu ada dalam hidup kita.
Kuncinya adalah waktu. Karena setiap biji pasti akan bertumbuh. Fruit grows, sama seperti buah roh, dia juga bertumbuh. Kenapa Tuhan tidak bilang gift of the spirit (hadiah Roh kudus) karena hadiah itu diberikan secara cuma-cuma sementara buah perlu ditumbuhkan. Untuk menumbuhkannya diperlukan usaha.

Luk 2:52
Dan Yesus makin bertambah besar dan bertambah hikmat-Nya dan besar-Nya, dan makin dikasihi oleh Allah dan manusia. 
Tuhan saja bertumbuh apalagi kita manusia.

Always dream n shoot higher than u know u can do don't bother just to be better than your contemporaries or predecessors try to be better than yourself ( William Faulkner)

Kita perlu tumbuh bukan untuk mengalahkan orang lain tetapi untuk mengalahkan diri sendiri dan menjadi seseorang seperti yang Tuhan inginkan.
Ilustrasi : Sidney Mohede bertobat di umur 17 tahun dan berubah menjadi pribadi yang berbeda. Saat Sidney berkunjung ke USA, smua orang yang mengenalnya takjub dan kagum akan perubahannya.

Ass u grow, u learn more if u stayed as ignorant as u were at 22 you'd always be 22. Aging is not just decay, you know. Its growth, its more than negatives that you’re going to die, its the positive that you understand that you’re going to die and that you live a better life because of it. (Marrie Schwarts)

Mitch Alborn dalam bukunya Tuesday with Morrie menuliskan bahwa pertumbuhan dan bertambah tua bukanlah sesuatu yang buruk, kita hanya harus melihatnya dari angle yang berbeda. Jangan melihatnya secara negative bahwa kita akan mati namun lihatlah sebagai sesuatu yang positive bahwa dengan mengetahui bahwa kita akan mati maka kita akan bisa hidup lebih baik.

Pertumbuhan membutuhkan usaha dan membutuhkan orang lain. We grow at the rate of the community we attach ourselves into. Jika anda mau bertumbuh maka anda harus mencari komunitas yang juga mau bertumbuh. 9 ciri buah roh tersebut tidak tumbuh dalam satu hari. Itu butuh waktu hari per hari untuk bertumbuh.

  1. Fruit is a reflection of the nature of the tree
Buah itu mencerminkan sifat/atribusi dari pohonnya. Pohon semangka tidak akan berbuah durian. Sama halnya dengan buah roh, kita tidak akan bisa mengeluarkan buah itu jika kita tidak melengketkan/ melekatkan or attach diri kita pada pohonnya yaitu Yesus Tuhan.

Mat 7:15 -20 "Waspadalah terhadap nabi-nabi palsu yang datang kepadamu dengan menyamar seperti domba, tetapi sesungguhnya mereka adalah serigala yang buas. Dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka. Dapatkah orang memetik buah anggur dari semak duri atau buah ara dari rumput duri? Demikianlah setiap pohon yang baik menghasilkan buah yang baik, sedang pohon yang tidak baik menghasilkan buah yang tidak baik. Tidak mungkin pohon yang baik itu menghasilkan buah yang tidak baik, ataupun pohon yang tidak baik itu menghasilkan buah yang baik. Dan setiap pohon yang tidak menghasilkan buah yang baik, pasti ditebang dan dibuang ke dalam api. Jadi dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka. 

Jika kita mengenal pohonnya dengan baik tidak mungkin buahnya tidak baik. Jangan sekadar ingin buahnya tapi mendekatlah dengan pohonnya
 
  1. To grow healty fruits, u need fertilizer
Buah yang sehat membutuhkan pupuk atau poop effect (efek kotoran) Jaman dahulu pupuk dibuat dari kotoran manusia atau hewan.

Jika ingin bertumbuh sehat,seringkali saat kita membutuhkan sesuatu tetapi yang kita dapatkan justru poop/kotoran. Misalnya disaat kita minta kesabaran tetapi Tuhan justru memberikan tantangan yang membuat emosi jiwa, atau mungkin saat kita ingin mengasihi Tuhan justru harus bertemu orang-orang yang menjengkelkan, bau dan lain sebagainya. Semua hal tersebut bisa anda temukan dalam kehidupan rumah tangga, sekolah, pekerjaan maupun pelayanan kita. Saat kita bertumbuh, akan ada poop effect yang sangat bau, tidak enak tetapi justru itu yang membuat kita menjadi buah yang sehat.
Seringkali kita hanya mau bertumbuh tanpa mau melewati prosesnya. 

1 Kor 10:13 Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya. 

Just because you don't see a solution, it doesn't mean the solution is not there

Saat kita lagi dipupuk, terkadang kita tidak tahan tetapi kita harus tetap bertahan karena percobaan yang kita alami adalah percobaan biasa dan Tuhan berjanji akan menyediakan jalan keluar. Mungkin saat ini anda tidak melihat jalan keluar tersebut tapi tidak berarti semua pintu tertutup untuk anda. Jika pintu tertutup maka Tuhan akan membuka jendela untuk anda keluar.

Kita harus selalu mengejar pertumbuhan, tetapi setiap pertumbuhan butuh proses dan waktu yang tidak cepat. Jika ingin mendapatkan buah yang baik maka kita harus melekat pada Yesus.

Yoh 15: 1-8 "Akulah pokok anggur yang benar dan Bapa-Kulah pengusahanya. 
Setiap ranting pada-Ku yang tidak berbuah, dipotong-Nya dan setiap ranting yang berbuah, dibersihkan-Nya, supaya ia lebih banyak berbuah. Kamu memang sudah bersih karena firman yang telah Kukatakan kepadamu.  Tinggallah di dalam Aku dan Aku di dalam kamu. Sama seperti ranting tidak dapat berbuah dari dirinya sendiri, kalau ia tidak tinggal pada pokok anggur, demikian juga kamu tidak berbuah, jikalau kamu tidak tinggal di dalam Aku. Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa. Barangsiapa tidak tinggal di dalam Aku, ia dibuang ke luar seperti ranting dan menjadi kering, kemudian dikumpulkan orang dan dicampakkan ke dalam api lalu dibakar. Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya. Dalam hal inilah Bapa-Ku dipermuliakan, yaitu jika kamu berbuah banyak dan dengan demikian kamu adalah murid-murid-Ku."

Diluar Yesus kita tidak bisa berbuat apa-apa. Buah roh tidak dapat kita miliki dengan kekuatan manusia kita. Mendekat pada Tuhan, nikmati proses pertumbuhannya. Anda akan menjadi buah yang sehat dan hebat. Selamat bertumbuh. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar