Rabu, 14 September 2011

HAPPILY EVER AFTER

(By: Kenny Goh - Date Leader in JPCC)

Pengkhotbah 3 : 11
Ia membuat segala sesuatu indah pada waktunya, bahkan Ia memberikan kekekalan dalam hati mereka. Tetapi manusia tidak dapat menyelami pekerjaan yang dilakukan Allah dari awal sampai akhir. 

Tuhan menaruh kekekalan dalam setiap hati manusia karena kita punya kerinduan untuk sesuatu yang happy ending atau berakhir indah. Ada kutipan menarik dari seorang teman yang berbunyi “God only makes happy endings..if its not happy, then its not the end”

Sangat wajar jika kemudian kita berharap atau mempunyai pengharapan. Karena Hope is a fuel for our future (harapan adalah bahan bakar untuk masa depan)

Roma 15:13 Allah adalah tempat kalian berharap. Semoga Ia mengisi hatimu dengan segala sukacita dan sejahtera karena kalian percaya kepada-Nya, supaya dengan kuasa Roh Allah kalian makin berharap kepada Allah.

Allah adalah sumber pengharapan, kalau kita connect sama sumbernya, kita tidak akan kekurangan pengharapan. Kita harus jadi agen perubahan di tengah dunia yang berpikiran negatif, kita akan seseorang yang berbeda. Kita harus mendistribusikan pengharapan, sesuatu yang positif ditengah dunia yang negatif.
Hope = elpis (joyful and confident expectation)

Ketika kita bilang berharap..apa yang dunia katakana tentang harapan berbeda dengan harapan yang Tuhan sediakan bagi kita. Harapan secara alkitabiah adalah bukan sekadar keyakinan namun sesuatu yang pasti (confident expectation) namun juga sesuatu yang menyenangkan atau memberikan sukacita (joyful)

Efesus 1: 18 Saya memohon agar Allah membuka pikiranmu sehingga menjadi terang; supaya kalian mengerti apa yang kalian dapat harapkan dari Allah yang memanggil kalian. Juga supaya kalian tahu betapa melimpah berkat-berkat yang indah yang disediakan Allah bagi umat-Nya;

Dengan berhubungan dekat (connect) dengan Tuhan (sumbernya) maka kita akan dapat mengerti apa yang kita dapat harapkan dari Allah, plus melimpah berkat-berkat yang indah yang disediakan Tuhan bagi kita.

HOPE have only positive expectation

Roma 5:5 Harapan yang seperti ini tidak akan mengecewakan kita, sebab hati kita sudah diisi oleh Allah dengan kasih-Nya. Allah melakukan itu dengan perantaraan Roh-Nya, yang sudah diberikan kepada kita.

Jika kita sampai kehilangan pengharapan berarti kita tidak mengetahui bahwa Tuhan begitu mencintai kita buktinya Dia rela turun ke dunia, jadi manusia dan mati untuk supaya kita bisa hidup.
Jika saat ini anda diharapkan pada sebuah permasalahan maka jangan pernah lari atau kabur, berharap saja pada Tuhan. Meski kita tidak tau kita tahu apapun namun yakinlah Tuhan pasti akan bikin ending yang luar biasa.

Ibrani 11:1 Beriman berarti yakin sungguh-sungguh akan hal-hal yang diharapkan, berarti mempunyai kepastian akan hal-hal yang tidak dilihat.

Mzm 42 : 6 Mengapa hatiku sedih dan gelisah? Aku berharap kepada Allah. Maka aku akan bersyukur lagi kepada-Nya, kepada Allahku dan penyelamatku.

Roma 12:12 Hendaklah Saudara berharap kepada Tuhan dengan gembira, sabarlah di dalam kesusahan, dan tekunlah berdoa.

Remember “if its not happy, then its not the end, don’t lose HOPE”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar