Minggu, 18 September 2011

GOD IS GOOD

(By : Ps Jussar Badudu - Youth Pastor in JPCC)

Mzm 34 : 9 Kecaplah dan lihatlah, betapa baiknya TUHAN itu! Berbahagialah orang yang berlindung pada-Nya! 

Daud menulis kecaplah artinya Daud meminta kita untuk mengecap/ merasakan dan dinikmati kebaikan Tuhan itu. Mengecap adalah  merasakan apakah sesuatu tersebut cocok atau bersahabat rasanya dengan kita.  Tapi rasa sendiri tergantung kedekatan atau kecocokan kita dengan rasa tersebut.

Seharusnya kita mengecap kebaikan Tuhan itu sama rasanya karena kebaikan Tuhan itu absolute. Tuhan tidak pernah memberi bermacam rasa, rasanya tetap satu. Namun kembali lagi, kita bisa mengecap kebaikan Tuhan tergantung kedekatan kita dengan Tuhan sendiri.

Kebaikan Tuhan sama dengan makanan, kita tidak bisa hanya melihat makanan tersebut untuk bisa mengetahui rasanya tetapi kita harus memakan dan mengecapnya Ketika kita mengecapnya baru kita tahu bagaimana rasanya dan menentukan enak atau tidaknya. Makanan yang kita makan itu akhirnya menjadi bagian dari tubuh kita.

Smua makanan yang kita makan tidak bisa langsung ditelan tetapi harus secara perlahan dikecap untuk bisa memahami rasanya. Sama halnya kita tidak bisa mengatakan bahwa Tuhan itu baik hanya dari cerita orang atau bahkan pendeta kita, namun kita harus mengalaminya sendiri

How we know God goodness?

Sadari dulu kehadiran Tuhan dalam kehidupan kita..ketika kita menyadari kehadiran-Nya kita maka respon kita akan kebaikan Tuhan akan berbeda. Itulah saat kita merasakan kebaikan Tuhan.

Kebaikan Tuhan ada 3 fase dalam kehidupan kita. Kebaikan Tuhan ada pada saat sebelum kita ada dan dibentuk, kebaikan dalam hidup kita dan kebaikan setelah hidup kita.

Kebaikan dalam hidup

Apa saja kebaikan yang Tuhan sudah berikan dalam kehidupan kita :

  1. kebaikan akan keselamatan – Tuhan memberikan hidup yang kekal
Yoh 10:28 dan Aku memberikan hidup yang kekal kepada mereka dan mereka pasti tidak akan binasa sampai selama-lamanya dan seorangpun tidak akan merebut mereka dari tangan-Ku. 

 Yoh 17:3 Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yang telah Engkau utus. 

  1. Hubungan intim dengan Tuhan – Hubungan dekat kita dengan Tuhan bisa melahirkan sesuatu hal yang luar biasa.
Galatia 3:26 Sebab kamu semua adalah anak-anak Allah karena iman di dalam Yesus Kristus.

Roma 8:15-17 Sebab kamu tidak menerima roh perbudakan yang membuat kamu menjadi takut lagi, tetapi kamu telah menerima Roh yang menjadikan kamu anak Allah. Oleh Roh itu kita berseru: "ya Abba, ya Bapa!" Roh itu bersaksi bersama-sama dengan roh kita, bahwa kita adalah anak-anak Allah. Dan jika kita adalah anak, maka kita juga adalah ahli waris, maksudnya orang-orang yang berhak menerima janji-janji Allah, yang akan menerimanya bersama-sama dengan Kristus, yaitu jika kita menderita bersama-sama dengan Dia, supaya kita juga dipermuliakan bersama-sama dengan Dia. 

  1. Melenyapkan sesuatu yg buruk - bayangkan jika jerawat diwajah tiba2 hilang atau sariawan, bagaimana rasanya? Bayangkan kalo dosa dan penghakiman dihilangkan dari kita? Itulah kebaikan Tuhan yang tidak pernah kita sadari
2 Korintus 5:21 Dia yang tidak mengenal dosa telah dibuat-Nya menjadi dosa karena kita, supaya dalam Dia kita dibenarkan oleh Allah. 

Roma 8: 1 Demikianlah sekarang tidak ada penghukuman bagi mereka yang ada di dalam Kristus Yesus. 

Roma 6: 23 Sebab upah dosa ialah maut; tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.

1 Korintus 15: 55-57 Hai maut di manakah kemenanganmu? Hai maut, di manakah sengatmu?" Sengat maut ialah dosa dan kuasa dosa ialah hukum Taurat. Tetapi syukur kepada Allah, yang telah memberikan kepada kita kemenangan oleh Yesus Kristus, Tuhan kita. 

  1. Kebutuhan didalam hidup - smua akan ditambahkan kepadamu..yang ditambahkan adalah smua kebutuhan kita. Salah jika anda hari ini merasa tidak kaya. Tuhan sudah memberikan kita semuanya, jangankan kebutuhan kita tapi nyawa-Nya juga diberikan untuk kita..Tuhan sudah memberikan kunci untuk membuka smuanya yaitu kebenaran akan firman tuhan 
Matius 6: 25 "Karena itu Aku berkata kepadamu: Janganlah kuatir akan hidupmu, akan apa yang hendak kamu makan atau minum, dan janganlah kuatir pula akan tubuhmu, akan apa yang hendak kamu pakai. Bukankah hidup itu lebih penting dari pada makanan dan tubuh itu lebih penting dari pada pakaian? 
Matius 6: 33 Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu. 

  1. Menyediakan jalan keluar
1 Kor 10:13 Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.

  1. Keberanian
Ibrani 4: 16 Sebab itu marilah kita dengan penuh keberanian menghampiri takhta kasih karunia, supaya kita menerima rahmat dan menemukan kasih karunia untuk mendapat pertolongan kita pada waktunya. 

Kebaikan yang Tuhan berikan setelah hidup dunia
Tuhan memberikan pada kita hidup yang kekal dengan Tubuh yang baru

1 Korintus 15: 52-53 dalam sekejap mata, pada waktu bunyi nafiri yang terakhir. Sebab nafiri akan berbunyi dan orang-orang mati akan dibangkitkan dalam keadaan yang tidak dapat binasa dan kita semua akan diubah. Karena yang dapat binasa ini harus mengenakan yang tidak dapat binasa, dan yang dapat mati ini harus mengenakan yang tidak dapat mati. 

Yoh 14: 2-3 Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu. Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamupun berada. 

Kecaplah kebaikan Tuhan mulai sekarang dan yakinlah hidupmu ada di tangan yang benar...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar