Rabu, 14 September 2011

MONEY, MONEY, MONEY

(By : Ps Jeffrey Rachmat - Senior Pastor of Jakarta Praise Community Church)

Bawalah seluruh persembahan persepuluhan itu ke dalam rumah perbendaraan, supaya ada persediaan makanan dirumah-Ku dan ujilah Aku, firman Tuhan semesta alam, apakah Aku tidak membukakan bagimu tingkap-tingkap langit dan mencurahkan berkat kepadamu sampai berkelimpahan.
                                                                                                (Maleakhi 3:10)

Ayat ini berbicara tentang kepemimpinan (memberikan pengaruh), tentang relationship dan tentang stewardship (atau pengelolaan)

Beberapa hal terkait pengelolaan keuangan yang perlu kita ketahui :
a.       Tidak ada hubungan yang pasti antara punya banyak uang dan hidup bahagia
Yang paling penting untuk kita ketahui adalah bahwa kondisi hati seseorang menentukan kemana uangnya pergi.

Tetapi mereka yang ingin kaya terjatuh ke dalam pencobaan, ke dalam jerat dan ke dalam berbagai-bagai nafsu yang hampa dan yang mencelakakan, yang menenggelamkan manusia ke dalam keruntuhan dan kebinasaan. Karena akar segala kejahatan ialah cinta uang. Sebab oleh memburu uanglah beberapa orang telah menyimpang dari iman dan menyiksa dirinya dengan berbagai-bagai duka.  Tetapi engkau hai manusia Allah, jauhilah semuanya itu, kejarlah keadilan, ibadah, kesetiaan, kasih, kesabaran dan kelembutan.
                                                                                          (I Tim 6:9-11)

Dari ayat ini kita tahu bahwa bukan Tuhan yang membinasakan tetapi keinginan daginglah yang membuat binasa. Perlu kita ketahui bahwa akar kejahatan bukanlah uangnya tetapi sikap kita yang terlalu mencintai uang katena uang bukanlah pemimpin yang baik.

b.      Kita akan kehilangan apa yang tidak dapat kita kelola
"Sebab hal Kerajaan Sorga sama seperti seorang yang mau bepergian ke luar negeri, yang memanggil hamba-hambanya dan mempercayakan hartanya kepada mereka.
                                                                                          (Mat 25 :14)

Perumpamaan seorang tuan yang memberikan talenta pada setiap anak buahnya untuk dikelola, yang paling penting adalah Tuhan memberikan berkat kepada kita apa yang bisa kita kelola sehingga cukupkan yang ada padamu.

c.       Berkat Tuhan tidak akan bercampur dengan kesedihan
Berkat Tuhanlah yang menjadikan kaya, susah payah tidak akan menambahinya.
                                                                                          (Ams 10 :22)

Atau dalam terjemahan bahasa inggrisnya “ The blessing of the Lord makes one rich and He add no sorrow with it”
Tuhan memberikan berkat, karena uang ada dimana-mana (Mat : 24-27)

d.      Perlu diingat, Tuhan tidak memberikan kekayaan tetapi kekuatan untuk mencari kekayaan

Tetapi haruslah engkau ingat kepada TUHAN, Allahmu, sebab Dialah yang memberikan kepadamu kekuatan untuk memperoleh kekayaan, dengan maksud meneguhkan perjanjian yang diikrarkan-Nya dengan sumpah kepada nenek moyangmu, seperti sekarang ini.
                                                                                          (Ulangan 8:18)

Tuhan menciptakan kita unik, masing-masing dengan potensi diri pribadi yang disiapkan untuk mencari kekayaan. Tugas kita adalah untuk memanfaatkan potensi tersebut, menggali apa yang ada dalam diri kita untuk mencari kekayaan

Lihat kehidupan Oprah, dia tahu potensinya berbicara didepan umum dan memandu talkshow, atau kemampuan farah Quinn untuk memasak makanan. Tuhan memberikan potensi tersebut dengan satu tujuan.

Pernahkah engkau melihat orang yang cakap dalam pekerjaannya? Di hadapan raja-raja ia akan berdiri, bukan di hadapan orang-orang yang hina.
                                                                                          (Amsal 22:29)

Ayat diatas berbicara tentang orang-orang yang cakap dalam bidangnya, itu bukti bahwa mereka dicari oleh semua orang. Tuhan memberkati semua orang yang dikasihi-nya pada saat tidur, tapi hal tersebut tetap tergantung pada apa yang kita lakukan sebelum kita tidur.

e.       Rencana Tuhan tidak tergantung dari seberapa besar uang yang ada pada kita
Kisah 5 roti dan 2 ikan di Yohanes 6 : 3-14 Tuhan bisa pakai semua orang dengan keterbatasan mereka untuk kemuliaan nama-Nya. Jangan minder jika kau tidak punya kekayaan, karena mata uang Surga bukanlah dollar atau euro tetapi IMAN.

Allahku akan memenuhi segala keperluanmu menurut kekayaan dan kemuliaan-Nya dalam Kristus Yesus. (Fil 4: 19)
Diperlukan hati yang luas untuk bisa mengelola uang yang besar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar