Rabu, 14 September 2011

WORSHIP

(By : Ps Jussar Badudu - Youth Pastor in JPCC)

(Efesus 5: 1-2)  Sebab itu jadilah penurut-penurut Allah, seperti anak-anak yang kekasih 
dan hiduplah di dalam kasih, sebagaimana Kristus Yesus juga telah mengasihi kamu dan telah menyerahkan diri-Nya untuk kita sebagai persembahan dan korban yang harum bagi Allah.
 

Kekristenan adalah tentang sacrifice atau pengorbanan. Worshiping is giving up (sacrifice) something. Tuhan meminta persembahan yang hidup yaitu hidup kita yang penuh dengan pengorbanan.

(Roma 12 : 1) Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati. Ayat ini berarti Tuhan minta kita segambar atau serupa dgn-Nya 

(Ibr 11: 17-19)
Karena iman maka Abraham, tatkala ia dicobai, mempersembahkan Ishak. Ia, yang telah menerima janji itu, rela mempersembahkan anaknya yang tunggal,walaupun kepadanya telah dikatakan: "Keturunan yang berasal dari Ishaklah yang akan disebut keturunanmu." Karena ia berpikir, bahwa Allah berkuasa membangkitkan orang-orang sekalipun dari antara orang mati. Dan dari sana ia seakan-akan telah menerimanya kembali. 

Ayat ini menyatakan Abraham seakan-akan telah menerimanya kembali ketika ia mempersembahkan ishak anaknya. Kenapa Abraham bisa seyakin itu? Karena abraham percaya dan tahu siapa Tuhan nya. Abraham punya hubungan yang dekat dengan Tuhan. 

Worshiping identik dgn kedekatan kita dgn Tuhan (level penyembahan yang dimiliki setiap orang berbeda tergantung kedekatan-Nya dengan Tuhan. Worshipping arti asal katanya deep kiss (kasih agape) proskumeo. Worshiping is not about song and our voice its about U and God
Ketaatan akan menentukan kedekatan kita sama Tuhan 

Setiap pengorbanan yg kita lakukan itu ada tujuannya untuk sesuatu yang lebih besar. Pengorbanan adalah tentang ketaatan terhadap apa yang Tuhan mau. 
Worshiping is not about me but you and God --contoh pengampunan 

Pengorbanan berupah tapi tergantung Tuhan--- persembahan adl memberikan terbaik yg bs kita berikan pada Tuhan 

Ilustrasi : ada 3 macam keramik, yang satu cantik bersih dan diukir sempurna dengan gambar dan beragam aneka warna. Yang satu lagi, tampak belum selesai diwarnai namun ukiran gambarnya jelas, keramik ketiga cenderung jelek karena gambarnya tidak jelas dan belum diwarna, masih kasar. Namun menurut Jussar, keramik ketiga adalah yang paling keren dan indah karena dibuat oleh putrinya sendiri yang sudah berkorban untuk bisa membuatnya. Keramik kedua dibuat oleh seseorang yang memang ahli keramik. Putri Jussar diminta untuk membawa pulang keramik bikinan sang ahli. Penyembahan atau worship adalah tentang pengorbanan yang dilakukan oleh sang putrid dalam membuat keramik, seberapa bagus keramiknya akan tergantung kedekatan sang putri dengan ahli keramik tersebut. Tugas kita hanya menyembah, serahkan ukurannya pada Tuhan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar