Rabu, 14 September 2011

CARA CEPAT MENJADI MISKIN DAN TERLILIT HUTANG

(By : Johny Herjawan - DATE Leader in JPCC)

Jadi kaya adalah idenya Tuhan. Kaya menurut versi surga adalah orang yang mampu berkata cukup dan memiliki kesanggupan untuk member. Rich man is a giver. “The have” man is big fat guy and big fat guy memiliki potensi penyakit jantung (heart problem) Karena dimana hartamu, disitu hatimu berada. Karena itu jagalah hatimu.

Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan
(Yeremia 29: 11)
Karena bukan dari debu terbit bencana dan bukan dari tanah tumbuh kesusahan; melainkan manusia menimbulkan kesusahan bagi dirinya, seperti bunga api berjolak tinggi.
(Ayub 5: 6-7)

Dari ayat ini kita belajar bahwa kesusahan itu datangnya dari manusia. Tidak terlihatnya tanda-tandanya kegagalan, tidak berarti anda tidak akan gagal.

Cara tercepat untuk menjadi miskin :
a.       Malas
Tidak ada hubungan yang jelas antara hemat dan kaya.Kalau berpikirnya hemat terus, yang ada menjadi pelit.
Ada yang menyebar harta, tetapi bertambah kaya, ada yang menghemat secara luar biasa, namun selalu berkekurangan (Ams 11:24)
Tangan yang lamban membuat miskin, tetapi tangan orang rajin menjadikan kaya. (Ams 10: 4)

Janganlah menyukai tidur, supaya engkau tidak jatuh miskin, bukalah matamu dan engkau akan makan sampai kenyang.
(Ams 20: 13)

Malas tidak sekedar tentang phisical. Malas juga bisa termasuk malas berpikir. Malas berpikir membuat seseorang menjadi monoton dan tidak kreatif. Bisa ditebak apa yang akan dilakukannya, sehingga lawan mudah mengalahkannya. Kalau saudara mudah ditebak, anda sulit berkompetisi dan mudah ditipu. Move anda bisa ditebak.

Pintar ada naik kelasnya. malas juga ada kelasnya.

Hai pemalas, berapa lama lagi engkau berbaring? Bilakah engkau akan bangun dari tidurmu? "Tidur sebentar lagi, mengantuk sebentar lagi, melipat tangan sebentar lagi untuk tinggal berbaring" maka datanglah kemiskinan kepadamu seperti seorang penyerbu, dan kekurangan seperti orang yang bersenjata. (Ams 6: 9-11)

Kalau kemalasan menjadi matang dan berbuah, kemiskinan akan datang menjadi seperti seorang penyerbu. Kalau anda diserbu, apa yang bisa anda lakukan? Anda tidak bisa lakukan apapun
Maka orang akan takut kepada nama TUHAN di tempat matahari terbenam dan kepada kemuliaan-Nya di tempat matahari terbit, sebab Ia akan datang seperti arus dari tempat yang sempit, yang didorong oleh nafas TUHAN (Yes 59:19)

Pada saat kemiskinan datang, anda tak bisa lakukan apa-apa. Tapi pada saat itu terjadi, naikkan standarmu, naikkan kemampuanmu dan bekerja lebih keras.

b.      Serakah - pencari jalan pintas

Janganlah engkau ada di antara peminum anggur dan pelahap daging. (21) Karena si peminum dan si pelahap menjadi miskin, dan kantuk membuat orang berpakaian compang-camping. (Ams 23: 20)
Karena akar segala kejahatan ialah cinta uang. Sebab oleh memburu uanglah beberapa orang telah menyimpang dari iman dan menyiksa dirinya dengan berbagai-bagai duka. (I Tim 6:10)
Yang perlu diingat bahwa serakah tidak akan pernah membuat kaya. Kalau engkau serahak dan memburu uang, yang adavduka akan datang silih berganti.
Serakah tidak mengerti kata puas. Serakah tidak akan punya risk management.Serakah hanya tahu how much i will win again.
Pengkhotbah bilang untuk segala sesuatu ada waktunya. Ada waktunya untung dan ada waktu untuk membiarkan waktu rugi. Kalau kita selalu melihat dari kacamata, what i can gain? Berapa saudara mau untung vs berapa saudara mau menanggung kerugian / sanggup untuk rugi. 
“If you prepare to lose, you will lose, its not prepare to lose but how much you afford to lose “
Serakah akan membawa kita kepada jalan pintas

Orang yang dapat dipercaya mendapat banyak berkat, tetapi orang yang ingin cepat menjadi kaya, tidak akan luput dari hukuman (Ams 28:20)
Ada jalan yang disangka orang lurus, tetapi ujungnya menuju maut (Ams 16:25)
Ada jalan yang disangka lurus, tetapi ujungnya menuju maut. (Ams 14:12)

Salomo menuliskannya sebanyak dua kali di amsal, berarti hal tersebut sangatlah penting. Shortcut will cost you more than you expect, and will give you less than you are expecting.

Rancangan orang rajin semata-mata mendatangkan kelimpahan, tetapi setiap orang yang tergesa-gesa hanya akan mengalami kekurangan (Ams 21:5)

e.g. Fraud(penipuan) biasanya lewat sms atau telpon karena banyak orang rakus dan ingin cepat kaya lewat banyak iming2 ternyata penipuan. Mata kita tertuju dan tidak melakukan assesment. Bukan soal pendidikan tapi karena rakus.

c.       Sombong
Kecongkakan mendahului kehancuran, dan tinggi hati mendahului kejatuhan.Kita suka terpatok bahwa sombong itu adalah pamer. (Ams 16: 18)

Kesombongan juga bisa berarti tidak mau nerima bantuan orang. Sombong juga bisa berarti tidak mau mendengar pendapat orang lain. Bukankah itu ciri-ciri orang bebal? Kalau saudara sombong, anda tak bisa denger pendapat orang lain. Kalau anda tak bisa dengar pendapat, maka anda tak bisa dapat pertimbangan. Kalau tidak ada pertimbangan, your plan shall be destroyed dan itu mengakibatkan kemiskinan

d.      Salah Prioritas
Pada hari itu Aku bersumpah kepada mereka untuk membawa mereka dari tanah Mesir ke tanah yang Kupilih baginya, negeri yang berlimpah-limpah susu dan madunya, tanah yang permai di antara semua negeri. (Yeheziel 20:6)

When everything is important, nothing is important.Harus belajar untuk bisa menentukan prioritasnya. Mana yang penting? Susu dan madunya atau pemberi susu madu tersebut. Dengan kata lain mana yang lebih penting, berkatnya atau Tuhan pemberi berkatnya.

Bila engkau duduk makan dengan seorang pembesar, perhatikanlah baik-baik apa yang ada di depanmu. Taruhlah sebuah pisau pada lehermu, bila besar nafsumu! Jangan ingin akan makanannya yang lezat, itu adalah hidangan yang menipu. Jangan bersusah payah untuk menjadi kaya, tinggalkan niatmu ini. Kalau engkau mengamat-amatinya, lenyaplah ia, karena tiba-tiba ia bersayap, lalu terbang ke angkasa seperti rajawali (Amsal 23:1-5)

Kalau makan sama pembesar, jangan sekedsr makan saja karena pembesar selalu makan dan kita lupa untuk bangun relationshipn dengan para pembesar. Bangun hubungan dengan pemberi susu dan madunya, niscaya susu madu akan selalu tersedia untukmu.

Susu bicara soal sesuatu yang harus digunakan sesegera mungkin karena ada batas waktunya (keuangan untuk dispending) serta madu yang bicara sesuatu yang bernama investasi
Anakku, makanlah madu, sebab itu baik; dan tetesan madu manis untuk langit-langit mulutmu. (Amsal 24:13)

Kalau engkau mendapat madu, makanlah secukupnya, jangan sampai engkau terlalu kenyang dengan itu, lalu memuntahkannya. (Amsal 25:16)

Madu kalau dimakan kebanyakan, akan jadi waste, jangan selesaikan masalah pendek anda dengan segala sesuatu yang jangka panjang. Kalau anda punya sesuatu, tanya apakah ini susu atau madu, dan kemudian ambilah tindakan.

e.       Tidak berencana
Rancangan di dalam hati manusia itu seperti air yang dalam, tetapi orang yang pandai tahu menimbanya (Amsal 20:5)
Rancangan terlaksana oleh pertimbangan, sebab itu berperanglah dengan siasat.( Amsal 20:18)
Milikilah rancangan, segala sesuatunya membutuhkan siasat.Kalau saudara hanya mengalir saja, air itu pergi ke air yang rendah dan itu berarti kemiskinan. Orang yang pandai dan kaya akan bisa mengeluarkan atau menimba rancangan dan ilmu yang sudah ditanamkan Tuhan didalamnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar